Pengabdian Kepada Masyarakat

Banyaknya kegiatan dosen tetap pada bidang pengabdian kepada masyarakat selama tiga tahun terakhir (2015-2017) adalah sebanyak 42 kegiatan dengan banyak dosen tetap 21 orang, sehingga diperoleh rata-rata banyaknya kegiatan PkM  per dosen per tiga tahun (RPKM) adalah 2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dosen tetap di Program Studi S1 Pendidikan Matematika Undiksha melaksanakan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat tergolong sangat baik.Dana yang digunakan oleh dosen dalam melakukan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat bersumber dari Institusi sendiri (Undiksha) dan dari pemerintah pusat melalui Kemristekdikti (DRPM).

Partisipasi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Undiksha dalam kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dilakasanakan melalui kegiatan wajib dan kegiatan ekstrakurikuler yang tertuang pada program kerja HMPS. Bentuk-bentuk kegiatan itu,yaitu: (1)  lewat kegiatan mandiri oleh mahasiswa dan (2) kegiatan yang dimotori oleh dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kegiatan Pengabdian yang Bersifat Wajib

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib (3 Sks)  yang harus diambil oleh mahasiswa Undiksha, termasuk juga mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika yang fokus pada pelayanan/pengabdian kepada masyarakat di desa tertentu. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mahasiswa yang dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di bawah Pusat Layanan KKN. Mahasiswa berada di lapangan/di desa selama 2 bulan. Adapun program kerja kegiatannya disusun oleh mahasiswa dengan arahan dosen pembimbing KKN. Untuk tahun 2017, pelaksanaan KKN sudah sampai keluar provinsi dan beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika berpartisipasi pada kegiatan itu.

  1. Kegiatan Pengabdian yang Bersifat Mandiri

Dalam tiga tahun terakhir, mahasiswa terlibat penuh dan bertanggungjawab dalam kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dikoordinasikan oleh HMPS setiap tahunnya. Kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban dilaksanakan secara mandiri yang tertuang dalam program kerja HMPS setiap tahunnya, namun tetap melalui proses pembimbingan dengan dosen, khususnya dengan dosen pembimbing kemahasiswaan, koordinator program studi, dan ketua jurusan. Adapun kegiatan PkM dalam tiga tahun terakhir yang melibatkan mahasiswa secara penuh dalam perencanaan dan pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

  • Pada tahun 2015, pelaksanaan PkM di laksanakan di SD N 2 Tunjung dengan kegiatan berfokus pada perbaikan fisik sekolah, memberikan sumbangan kebutuhan pakaian siswa yang tidak mampu, dan memberikan penguatan atau pelatihan materi olimpiade matematika kepada siswa yang berbakat di sekolah tersebut.
  • Pada tahun 2016, pelaksanaan PkM di laksanakan di SD N 4 Tegallinggah dengan kegiatan berfokus pada perbaikan fisik sekolah, memberikan sumbangan pakaian dan perlengkapan belajar kepada siswa, serta memberikan penguatan materi matematika kepada siswa melalui pemanfaatan media manipulatif.
  • Pada tahun 2017, pelaksanaan PkM di laksanakan di SD N 2 Silangjana dengan kegiatan berfokus pada perbaikan fisik sekolah, memberikan sumbangan perlengkapan pembelajaran kepada siswa, dan memberikan penguatan materi matematika kepada siswa dan guru melalui pemanfaatan media manipulatif dalam pembelajaran.

Selain tiga kegiatan pelayanan/pengabdian tersebut, mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika Undiskha melalui HMPS-nya juga aktif kerjasama dengan komunitas luar yang bergerak di bidang sosial. Pada dua tahun terakhir kerjasama dengan  Buleleng Social Community yang bergerak pada bidang ekonomi dengan memberikan sumbangan bedah rumah, sembako, dan lainnya. Selain bidang ekonomi, kerjasama ini juga bergerak pada bidang pendidikan dengan memberikan bimbingan belajar gratis pada anak-anak desa terpencil yang berada di daerah kabupaten Buleleng. Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Undiksha berperan menjadi relawan dalam mengajar melalui kegiatan Taman Cerdas Ganesha. Pada tahun 2017, kegiatan ini sempat masuk acara “Kick Andy Road Show to Bali” pada tanggal 12-13 Oktober 2017 dan acaranya dapat dilihat pada link: https://youtu.be/MndtCmkX6IU.

Kegiatan pengabdian lain yang dimotori mahasiswa sendiri adalah pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) khususnya PKM-M. Pada tiga tahun terakhir, terdapat 9 proposal PKM-M yang didanai pusat dan dilaksanakan mahasiswa dengan baik. Selain itu, HMPS juga pernah mendapatkan hibah PHBD untuk mengabdi mengembangkan desa yang berada di wilayah Kabupaten Buleleng.

  1. Kegiatan Pengabdian yang Dimotori oleh Dosen

Selain kegiatan PkM yang terprogram pada program kerja HMPS tersebut, partisipasi mahasiswa pada kegiatan PkM juga terjadi pada PkM jurusan/program studi dan pada setiap PkM yang dilaksanakan oleh masing-masing dosen, yang biasanya melibatkan 2 sampai 5 mahasiswa. Misalnya pelaksanaanpelatihan perancangan, pembuatan, dan penggunaan alat peraga matematika bagi guru-gurudisekolah yang merupakankegiatanPkM Jurusan/Program Studidenganmelibatkanperansertaaktifdari mahasiswa.Prosespersiapandanpelaksanaantidakhanya dilakukanolehdosen,namuntelahmelibatkanmahasiswasehinggaterjalin kerjasamayangsangatbaik antara mahasiswa dan dosen.Mahasiswadalamhalinimembantu mempersiapkantempat,menerimatamu/peserta pelatihan,mengedarkansuratundangan, menguruskegiatanadministrasi,danbeberapamahasiswajugadilibatkandalam proses pendampinganpenggunaan alat peraga dalam pembelajaran untuk  guru-guru (tenaga teknis). Keterlibatan mahasiswa tidak hanya pada PkM tersebut, setiap dosen yang melakukan PkM juga melibatkan minimal 2 mahasiswa untuk turut serta dalam mensimulasikan setiap konten yang dilatihkan. Keterlibatanmahasiswadalamkegiatanpengabdian  pada masyarakat iniadalahturutserta melakukanprosesperencanaan,turutmelakukanobservasi(sebagai observer), dankemudiandapatmemberikanpendapatnyaketikaprosesrefleksi. Mahasiswadiharapkandapatmemperluaswawasannyadalamhal memberikan pelayanan di lingkungansekolah,sekaligusmenambahkepercayaan dirinya.